Senin, 25 Februari 2013

Umbi Lapis dan Kacang Tanah


Umbi Lapis
Umbi lapis atau yang kita kenal salah satu contohnya adalah bawang memiliki umbi yang terstrukstur lapisan-lapisan dari pelepah daun. Daun muncul pada bagian ujung umbi sedangkan akar serabut akan muncul pada bagian bawah umbi. Perkembangbiakan umbi lapis ini dengan suing yaitu pada tunas ketiak paling luar. Suing awalnya mendapat makanan dari induknya. Siung bisa berfotosintesis saat suing memiliki daun dan akar. Maka, cara perbanyakan umbi lapis ini adalah dengan siung yang nantinya dapat berakar dan berdaun sendiri setelah dipisahkan dari induknya. Contoh umbi lapis antara lain bawang merah, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip.

Kacang tanah (Arachis hypogaea)  
Kacang tanah adalah tumbuhan yang bepolong di bawah permukaan tanah. Kacang tanah termasuk tanaman legum-leguman yang memiliki perakaran yang dalam di bawah tanah. Polong kacang tanah yang merupakan bagian yang dimanfaatkan terbentuk di bawah tanah. Polong ini berasal dari perkembangan ginofor.
Bunga yang berhasil mengalami penyerbukan biasanya yang terbentuk pada hari kesepuluh. Setelah penyerbukan, ginofor tumbuh dari dasar bunga secara geotropisme dan terus menembus tanah dan setelah dalam, ginofor tumbuh secara mendatar lalu membengkak, dan membentuk polong. Perbanyakan kacang tanah secara generatif dilakukan dengan biji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat, baca, dan rasakan. Bagaimana pendapatmu, Kawan?