Rabu, 26 Desember 2012

KB3 (Kamus Besar Bahasa Ble'e)

Aduuuuuh makin edan aja di Biologi 47. Gue bingung menghadapi para2 ble'e dan sekarang ditambah lagi dengan menguak lingkungan sosial dan budaya. kami ternyata adalah penguasa bahasa dengan kosakata paling indah dari jakarta, bekasi, depok. Mau tahu bahasa seperti apa yang dimaksud? hahaha... wajib hukumnya kalau udah baca, menggunakannya... DEAL? OKE
Berawal dari Aje, sang komti asli dari betawi utara. "Ngablu lu"
-,-a apaan tuuuuuh?
Jadi, ngablu itu artinya ketamak-ketimik. Tahu kan? Aduh masih nggak tahu? Capek deh
Ada lagi kosakata indah yang lain... LADOK dan TEMBIK. untuk kata ini, mohon saya butuh informasi arti katanya, hahaha. emang kurang asem tuh temen gue nggak mau kasih tau.
Beralih deh, rembik. Rembik itu rembug sodare-sodare, kosakata ini dapet dari Arif si ble'e. Mau lainnya? Boleeeeh, kasih dah. Tapi nggak lupa madang kan? Hahaha atau mindo dulu dah biar nggak keroncongan belajar bahasanya.
Oke lanjut, dengan bahasa yang mudah deh, layaknya pere, THB, bokin, tesi... nah, itu mah gampang. pasti tau dong, tengsin banget sebagai warga lokal gue nggak tau bahasa itu. hahaha ini lebih dari sekedar pengetahuan karena ini harus dipraktekan setelah sekian lama gue terjebak di sekolah yang terdiri atas orang-orang asing alias beda sosbud dan sekarang gue dapet ngomong bebas tapi nggak nyablak kok tanpa perlu translate. Senangnya...
Senangnya ngerjain temen yg nggak tau kata-kata tersebut. gue sih punya saran buat yang nggak ngerti kosakata indah itu, buka KB3 alias kamus besar bahasa ble'e... nah, lakukan sana! atau mandi dulu dah biar nggak pada bengu mangap-mangap mikirin beginian. Oke kan? Pasti! Laksanakan segera!
















*ketamak-ketimik=banyak tingkah. pere=libur. mindo=makan makanan kecil/ngegadoin. madang=makan. tesi=sendok. tengsin=malu. bengu=malu. selanjutnya cari sendiri...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat, baca, dan rasakan. Bagaimana pendapatmu, Kawan?